Mantap! 5 Makanan Pedas Khas Indonesia Super Enak

5 Makanan Pedas Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan pedas. Melimpahnya cabai sebagai produk lokal membuat masakan Indonesia kaya akan bumbu pedas. Menurut survei yang di lakukan oleh Licorice, 93,6% orang Indonesia menyukai makanan pedas.

Hanya 6,4% yang tidak terlalu suka makanan pedas. Sebagai pelengkap Dalam berbagai masakan, orang Indonesia sering menambahkan cabai untuk membuat makanan menjadi pedas. Ada banyak jenis sambal di Indonesia, dan rasa pedasnya yang khas bisa membuat orang ketagihan.

Baca Juga: 5 Strategi membuka usaha minuman kekinian 

Penikmat cabai harus tahu bahwa makanan pedas juga memiliki manfaat kesehatan. Menurut sebuah studi tahun 2015 oleh Harvard dan Pusat Pengendalian Penyakit Nasional China, makan makanan pedas sekali sehari, 6 hingga 7 hari seminggu dapat mengurangi angka kematian sebesar 14%. dan pencegahan.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan dan makanan pedas di Indonesia, Anda tidak akan pernah kehabisan ide mengolah masakan pedas. Saat ini, banyak resep makanan pedas yang di modifikasi menjadi lebih kekinian. Berikut ini adalah makanan pedas khas Indonesia yang cocok untuk di santap.

1. Oseng-oseng Mercon

Mantap! 5 Makanan Pedas Khas Indonesia Super Enak

Pecinta masakan Indonesia yang pedas mungkin sudah tidak asing lagi dengan Oseng-Oseng Mercon. Kata “mercon” berarti petasan dalam bahasa Jawa. Istilah ini di gunakan untuk menggambarkan bagaimana rasa pedas meletus di mulut saat makanan ini di makan.

Biasanya sambal yang di gunakan 250 gram per 500 gram daging sapi, maka tidak heran jika makanan pedas ini di sebut Oseng-Oseng Mercon, karena selain cabai rawitnya banyak, bumbu lainnya seperti bawang merah dan bawang putih juga nikmat. .Makanan ini. Jika Anda belum pernah makan sebelumnya, Anda pasti harus mencoba makanan pedas ini.

2. Balado

Balado adalah sejenis bumbu pedas yang terbuat dari campuran rempah-rempah yang di gunakan dalam masakan pedas. Berasal dari Minang, Sumatera Barat, Indonesia. Dalam dialek Minang, istilah “balado” secara harfiah berarti dengan cabai, atau dalam cabai karena side berarti “cabai”.

Baca juga: 10 Makanan Terenak di Dunia di Jamin Gagal Move On 

Dalam dialek Minang, sambal balado dibuat dengan cara menggoreng cabai merah giling dengan bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, tomat, dan air jeruk nipis dalam minyak kelapa atau sawit.hampir mirip dengan sambal terasi. Namun, berbeda dengan sambal, balado biasanya dicampur dan digoreng dengan bahan utama dan diolah sebagai lauk. Makanan ini cocok untuk udang goreng, cumi, ikan (daging utuh atau irisan), ayam, telur rebus goreng, daging sapi goreng, terong atau kentang.

3. Ayam Rica-rica

Mantap! 5 Makanan Pedas Khas Indonesia Super Enak

Rica Rica Chicken adalah hidangan Indonesia pedas yang di buat dengan ayam. Cabai yang di gunakan biasanya cabai merah dan cabai hijau pedas. Hidangan ini di yakini berasal dari masakan Minahasa Sulawesi Utara. Untuk membuat bumbu rica ricanya, gunakan cabai merah dan cabai hijau yang banyak di haluskan atau di haluskan, lalu tambahkan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan sedikit garam dan gula.

Baca Juga: Resep Membuat Pempek Palembang Yang Enak Dan Gurih!

4. Dabu-dabu 

Dabu-dabu adalah jenis makanan rasa dengan rasa hot, banyak di temukan pada masakan Manado di Sulawesi Utara. Di buat dengan cabai rawit, bawang merah, tomat merah dan hijau, serta sedikit garam dan gula. Semua herba dicincang dan kemudian dicampur dengan air jeruk nipis segar, juga di kenal sebagai lemon cui atau jeruk kesturi. Jus jeruk berasal dari jeruk purut atau air jeruk lemon. Perpaduan sambal dan perasan jeruk memberikan rasa asam dan pedas yang segar. Umumnya dabu-dabu di gunakan sebagai bumbu masakan seafood, terutama berbagai resep ikan bakar. juga di kenal sebagai sambal mentah Manado.

Baca juga: 30 Rekomendasi Resep Masakan Rumahan 

5. Seblak 

Mantap! 5 Makanan Pedas Khas Indonesia Super Enak

Seblak adalah makanan pedas berkuah terkenal yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Masakan ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Bahan utama seblak adalah kerupuk basah rebus, sumber protein lain seperti telur, ayam, seafood atau daging sapi, dan sambal pedas. Dengan maraknya kuliner tradisional dan tren jalanan, seblak tidak hanya di sajikan sebagai topping biasa. tetapi terus berkembang menjadi hidangan kontemporer dan populer. Makanan bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang hot dan menyegarkan serta banyak variasinya. Bahan dasar pembuatan seblak adalah kerupuk udang yang di rendam dalam air panas dan di bumbui dengan sayur dan bumbu. Seblak terbuat dari biskuit yang dipanggang dan di bumbui dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit dan rempah-rempah.

Berikut ini beberapa makanan pedas khas indonesia yang enak sehingga anda bisa mencobanya di rumah dengan resep rawon khas surabaya ala rumahan.

Baca Juga: 5 Resep Soto Ayam Mengunggah Selera Makan Anda

Oh ya guys membaca artikel makanan khas indoensia sambil mendengarkan musik bisa membuat kita menambah semangat menjalankan aktivitas kita loh berikut 5 Lagu K-Pop Korea Sedang Trending di Youtube 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *