15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

15 Makanan Khas Jawa Tengah

Hai sobat semua! Kali ini aku mau bagi ilmu kuliner ke kalian yaitu makanan khas jawa tengah, siapa di sini yang tinggal di daerah jawa tengah nih? pasti kalian tahu makanan-makanan yang bakalan aku ke shar ke kalian.

Eitsssss jangan sedih dulu yang tinggal di luar daerah jawa tengah pun juga harus tahu ya makanan khas apa saja yang ada di jawa tengah karena kita patut tahu kuliner di nusantara contohnya makanan khas jawa tengah ini. Tanpa menunggu lama-lama yuk kita simak artikel di bawah ini ya!

1. Botok

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Botok adalah masakan tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari daging kelapa parut dan santan yang diperas, kelapa parut dicampur dengan cabai, garam, merica, kemangi dan daun salam.

Baca juga: 30 Makanan Khas Bali Banyak di Buru Wisatawan 

2. Bandeng Juwana

Olahan bandeng dengan tulang lunak ini berasal dari daerah Juwana di kota Pati. Meski berasal, diproduksi, dan diolah di Juwana, makanan khas ini merupakan oleh-oleh populer yang dijual di Semarang. tinggi. Masukkan ikan bandeng ke dalam panci dan tutup rapat. Waktu memasak adalah sekitar 45 – 60 menit.

3. Nasi Ayam

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Nasi di masak dengan santan, daun salam, serai dan garam untuk menambah rasa. Sajikan nasi dengan ayam, telur, tahu dan santan.

4. Bongko Mento

Makanan khas yang berasal dari Keraton Jepara ini: Bongko Mento adalah jajanan berbalut daun pisang yang diisi dadar gulung dadar ayam goreng suwir yang dicampur jamur tiram, mie dan santan.

Baca Juga: 5 Strategi membuka usaha minuman kekinian

5. Tempe Mendoan

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Mendoan adalah makanan yang dimasak dengan banyak minyak panas dan juga cepat agar tempe tidak terlalu matang, meskipun proses penggorengannya tidak membuat tempe terlalu matang, tapi kamu tidak perlu khawatir dengan rasanya. tempe memiliki salah satu rasa yang sangat enak dan nikmat, maka tidak heran jika makanan ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

6. Tahu Petis

Tahu Petis adalah salah satu jenis makanan olahan tahu yang sering dijadikan sebagai cemilan dan juga sering dijadikan sebagai lauk. dimasak terus sampai mengental atau semur ikan

7. Dawet Ireng

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Dawet ireng tidak sama dengan dawet ireng biasa yang berwarna hijau. Sebaliknya, Dawet Ireng ini memiliki warna hitam legam. Warna hitam ini didapat dari bahan alami yaitu abu jerami. Terkait rasa. Karena dawet ireng ini sudah terbukti memiliki rasa yang sangat enak dan dapat memberikan rasa yang sangat menyegarkan saat dikonsumsi.Gula Jawa Asli juga digunakan dalam pembuatan dawet ireng ini agar rasanya semakin nikmat.

Baca Juga: 20 Makanan Terenak di Indonesia Paling Lezat Nyesel Kalo Gak Nyobain!

8. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer di kalangan wisatawan asing maupun lokal. Biasanya di sajikan dengan potongan ayam, dan terkadang juga di gunakan labu siam. Sebenarnya memasak nasi liwet ini hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya yaitu dengan santan, hanya saja yang membedakan adalah rasanya, karena rasa dari nasi liwet ini di jamin sangat gurih. dan juga enak.

9. Mie Ongklok

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Pati juga di gunakan untuk kuah mie ongklok ini, yang membuat kuah mie ini terlihat sangat kental di bandingkan dengan kuah mie pada umumnya. Sop mie ongklok ini juga sangat enak di santap dengan kemul tempe, sate daging atau keripik tahu. Tahukah Anda mengapa mie ini di sebut mie ongkok? Jika Anda tidak tahu, maka Anda harus mencari tahu. Sebenarnya mie ini di namakan Mie Ongklok karena menggunakan Ongklok dalam pembuatannya.Ongklok adalah sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu, cocok untuk memasak mie kuah.

10. Gudeg

Makanan khas Jawa Tengah berikut ini juga berasal dari Yogyakarta. Berbeda dengan Mie Lethek yang lambat laun semakin sulit di temukan, Gudeg sangat mudah di temukan di setiap sudut kota Jogja. Gudeg adalah makanan khas yang terbuat dari nangka lembut yang di olah dengan kelapa. Susu, gula dan daun gudegnya sudah berwarna coklat, butuh waktu berjam-jam untuk mengolah gudeg ini hingga makanannya benar-benar meresap, rasa gudeg ini sangat enak dan manis.Gudeg biasanya di sajikan dengan sayur krecek, tahu bacem, telur bacem, dan ayam kampung.

11. Soto Kudus

15 Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda | Rasanya Bikin Rindu!

Dari namanya saja sudah bisa di simpulkan bahwa makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari kudus. Padahal, soto kudus adalah salah satu masakan kudu tradisional yang paling populer. Soto Kudus di sajikan dalam mangkuk kecil. Mangkuk ini berisi potongan daging kerbau. , soto bening dengan asam jawa, mie, tauge, bawang goreng dan daun seledri serta nasi.Sebagai menu pelengkap, Soto Kudus ini bisa di nikmati dengan sate telur puyuh, kue dan aneka gorengan.

Baca Juga: Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris Omzet Mencapai Jutaan

12. Sate Klathak

Sajian khas Jawa Tengah yang satu ini juga tak kalah populer dan dicari banyak wisatawan, yakni Sate Klathak. Sate Klathak ini terbuat dari daging kambing muda, jadi anda tidak perlu takut dengan bau yang tidak sedap dari daging kambing dan kolesterol, karena sate klathak ini rendah kolesterol dan anda tidak perlu takut. Yang lebih istimewa lagi, sate klathak ini di olah dengan cara yang berbeda, yaitu hanya di panggang dengan garam dan rempah-rempah. Di sajikan tanpa bumbu, meskipun sate
ini rasanya sangat enak. Jika Anda ingin mencicipi Sate Klathak, Anda bisa mengunjungi daerah tersebut. Bantul, Yogyakarta.

13. Tahu Gimbal

Makanan Jawa Tengah terakhir yang wajib kamu coba adalah Tahu Gimbal. Tahu Gimbal merupakan makanan khas Semarang yang populer dengan rasanya yang enak dan unik. Sajian asli semarang ini tidak hanya terdiri dari tahu goreng, tapi juga di taburi irisan. Kubis mentah, tauge, telur, lontong dan cardan. Gimbal ini merupakan masakan udang yang di goreng dengan tepung dan memiliki rasa yang gurih. Setelah bahan tercampur, bumbunya di bumbui dengan bumbu khusus karena berbahan dasar udang dengan Mie sehingga rasanya sangat enak.

14. Mangut Beong

Mangut Beong adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ikan beong. Sebagian dari kita mungkin belum familiar dengan nama Beong. Ikan beong merupakan jenis ikan yang sekilas hampir menyerupai ikan lele, namun sebenarnya ikan beong ini bukanlah ikan lele. Ikan beong sendiri merupakan ikan khas dari Sungai Progo yang memiliki daging yang cukup padat dan juga lembut. Saat di masak, ikan beong ini bisa memberikan cita rasa yang sangat kaya dengan daging yang cukup empuk sehingga sangat mudah di kunyah.

Baca Juga: 30 Masakan Rekomendasi Resep Simpel Masakan Rumahan

15. Getuk Goreng

Jika getuk khas Jawa Tengah dalam proses pengolahannya harus melalui tahap penggorengan. Hal ini pula yang memunculkan getuk khas Jawa Tengah yang di sebut getuk goreng, yang memiliki rasa manis dan asin. Bahan untuk getuk gorengnya adalah singkong. dan gula merah atau gula aren. Getuk goreng ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena getuk goreng ini memiliki rasa yang sangat enak, gurih dan renyah.

nah itulah 15 makanan khas jawa tengah yang memiliki cita rasa yang enak serta sedap dan wajib kalian cicipi. oh ya guys makan makanan tradisonal terenak pilihan kalian sambil mendengarkan musik bisa membuat kita menambah semangat menjalankan aktivitas kita loh berikut 5 Lagu K-Pop Korea Sedang Trending di Youtube 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.