Mau Sehat? 5 Makanan Penambah Darah Baik Untuk Kesehatan

5 Makanan Penambah Darah Baik Untuk Kesehatan

Hallo sobat semua! Kali ini aku mau kasih tahu ke kalian tentang makanan lagi loh, tpi kali ini makanan yang baik untuk kesehatan sebagai penambah darah.

Penurunan sel darah merah dalam tubuh biasanya di sebabkan oleh kekurangan zat besi. Ini berarti bahwa tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup.

Hemoglobin sendiri merupakan zat dalam sel darah merah yang tugasnya membawa oksigen ke seluruh jaringan di dalam tubuh

Tidak heran jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh merasa sangat lelah dan lemas.Ada dua jenis mengetahui tentang makanan yang Anda makan, yaitu:

  • Heme. Jenis zat besi ini berasal dari hemoglobin. Biasanya terdapat dalam makanan hewani, seperti ikan, daging merah, dan daging unggas.
  • Non-heme. Bentuk zat besi ini banyak ditemukan dalam makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau, kentang, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan biji-bijian.

Baca juga: 30 Makanan Khas Bali Banyak di Buru Wisatawan 

Sebenarnya Anda tidak perlu mengonsumsi obat penambah darah untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi berikut ini.

1. Daging Merah dan Daging Unggas

Mau Sehat? 5 Makanan Penambah Darah Baik Untuk Kesehatan

Sumber makanan kaya zat besi yang pertama adalah daging merah, seperti daging sapi atau domba, dan unggas. Kedua jenis makanan ini paling mudah di temukan. Lagi pula, ada sekitar 2,7 miligram zat besi dalam 100 gram daging merah.

Konsumsi hingga 100 gram daging unggas, seperti daging ayam, sudah mencakup sekitar 13 persen dari total asupan zat besi harian.Tidak hanya daging ayam, daging bebek juga cocok sebagai salah satu jenis makanan untuk penambah darah dari kelompok unggas

2. sereal, kacang-kacangan dan biji-bijian

Nah, beberapa biji-bijian mengandung zat besi, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Ada banyak sekali jenis muesli di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Tidak hanya sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung zat besi, yang dapat membantu. Untuk Memenuhi Kebutuhan Anda Contohnya termasuk buncis, kacang hitam, kacang merah, kedelai, biji labu, dan biji wijen.

Baca Juga: 5 Strategi membuka usaha minuman kekinian

3. Jeroan

Mau Sehat? 5 Makanan Penambah Darah Baik Untuk Kesehatan

Bagian dalam hewan, seperti hati, jantung dan otak, juga mengandung zat besi dalam jumlah yang relatif tinggi. Faktanya, 100 gram hati sapi mengandung 6,5 miligram zat besi, yang menyumbang sekitar 36% dari asupan harian Anda. Sedangkan 100 gram hati ayam mengandung 15,6 miligram zat besi. jeroan juga sebagai makanan penambah darah rendah.

4. Seafood

Kerang atau seafood, terutama kerang dan tiram, juga kaya akan zat besi. Sebanyak 100 gram kerang mengandung 28 miligram zat besi atau sekitar 155 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Semua spesies kerang mengandung zat besi tingkat tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris Omzet Mencapai Jutaan

5. Sayuran Berdaun Gelap

Mau Sehat? 5 Makanan Penambah Darah Baik Untuk Kesehatan

Bayam dan brokoli adalah dua sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena merupakan sumber zat besi yang baik, tidak hanya sayuran berdaun gelap lainnya yang tinggi zat besi tetapi pastikan Anda telah memasak sayuran sampai matang dengan benar, karena proses memasaknya lebih mudah. tubuh untuk menyerap zat besi, dan sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh.Jika perlu, Anda bisa menanyakan kepada dokter apakah tubuh membutuhkan obat penambah darah.

eitssss, Aku mau kasih tahu guys kalau mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan mood dan di kaitkan dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak, terutama memori loh berikut 15 Alat Musik Jawa Barat 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *