15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

15 Makanan Khas Betawi

Budaya Betawi memang menarik serta makanan khas betawi nya. Dari ondel-ondel hingga bola topeng, menyenangkan untuk menyelam. Namun tidak hanya dari segi seni dan budaya, Betawi juga memiliki kekayaan ragam kuliner yang sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat.

Yuk, simak artikel berikut ini!.

1. Nasi Uduk Betawi

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi lainnya. Proses memasak nasi untuk nasi uduk diaron dengan santan, daun salam, daun jeruk, laos dan serai kemudian dikukus hingga matang. bawang goreng, dengan lauk pauk seperti ayam goreng, sambal dan lauk lainnya beserta daun kemangi.

Baca juga: 30 Makanan Khas Bali Banyak di Buru Wisatawan 

2. Kerak Telor

Kerak telor rasanya enak dan asli, ini memang favorit warga Jakarta. Hidangan Betawi ini di racik dengan bahan makanan seperti nasi ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi sangrai kering hingga menjadi serundeng, lalu di tambahkan bawang goreng.

Kemudian di bumbui, halus seperti kelapa bakar dan lain-lain. Yang unik dari masakan khas Betawi ini adalah cara penyajiannya. Telur setengah matang, di bolak-balik di wajan menghadap bara panas anglo, lalu di amkan hingga matang hingga garing.

3. Soto Betawi

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Soto Betawi adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari kuah santan yang diisi dengan daging sapi dan jeroan serta organ dari daging sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang menyukai orang Betawi de Soto ini.

Peminatnya tidak hanya orang Jakarta, tetapi juga orang lain di berbagai daerah di Indonesia suka memakannya. Masakan khas Betawi ini Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

Baca Juga: 5 Strategi membuka usaha minuman kekinian

4. Semur Jengkol

Rebusan jengkol, makanan khas Betawi, terkenal dengan aromanya. Sebagian orang mungkin tidak menyukai aroma jengkol, namun bagi para penggemar jengkol hidangan ini sangat populer.

Hidangan ini di masak dengan jengkol, yang memiliki rasa pahit. Namun setelah di masak dengan berbagai bumbu dan rempah, Jengkol menjadi enak untuk disantap. Rebusan jengkol biasanya di sajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Betawi ini saat berkunjung ke Jakarta!

5. Gado-gado Betawi

Makanan tradisional Betawi selanjutnya adalah Gado-Gado Betawi. Gado-gado sendiri berarti campur dalam bahasa Betawi dan menjadi favorit masyarakat Betawi. Aneka sayuran yang di masak dengan kentang, tahu, tempe dan telur, di lumuri saus kacang dan di taburi kerupuk, membuat hidangan ini di gemari banyak orang. Masakan Betawi ini enak di santap dengan nasi atau di sajikan dengan lontong.

Baca Juga: Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris Omzet Mencapai Jutaan

6. Kue Cucur

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Kue Cucur merupakan salah satu kue tradisional Betawi yang sering dan mudah kita temukan di pasar tradisional dan toko roti. juga bisa ditemukan di tempat-tempat seperti pernikahan, potong rambut bayi dan lain-lain. Memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut di bagian tengah dan garing di bagian pinggirnya. Kue beras dan piloncillo ini di goreng dan berisi salah satu makanan khas Betawi yang wajib dicoba.

7. Roti Buaya

Roti buaya memegang peranan penting dalam pernikahan adat Betawi, kuliner khas Betawi yang panjangnya sekitar 50 cm ini di bawa oleh mempelai pria untuk di persembahkan kepada mempelai wanita pada acara pernikahan atau lamaran pada acara pernikahan adat Betawi. memiliki makna tersendiri bagi warga Betawi, yaitu sebagai ungkapan kesetiaan pasangan suami istri yang di percaya masyarakat Betawi secara turun temurun.

8. Asinan Betawi

Asinan Betawi umumnya merupakan campuran sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada, di taburi kacang goreng. Semua ini kemudian di siram dengan saus kacang dan di taburi cuka dan cabai dengan kerupuk pasta kuning besar. Betawi juga cukup sehat karena banyak menggunakan sayuran.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Yang Pastinya Bikin Kamu ngiler!

9. Kue Rangi

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Kue Rangi merupakan salah satu kue tradisional Betawi yang masih sering kita temukan di berbagai tempat di Jakarta. makanan khas Betawi yang terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini di sajikan dengan kuah gula merah yang di kentalkan dengan campuran sagu.

10. Dodol Betawi

Betawi terkenal dengan dodol dengan rasa yang enak. Cara tradisional membuat jajanan Betawi dalam kuali besar sangat unik dan menarik. Kuali yang di sebut Kenceng ini berdiameter 50 cm hingga 1 meter. Dodol ini terbuat dari kelapa dan ketan, membuatnya lengket dan kenyal.

11. Putu Mayang

Putu mayang adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras berbentuk mie, di campur dengan santan kemudian di sajikan dengan kinca atau gula aren cair. Tepung beras biasanya di warnai untuk menarik pembeli.

12. Bir Pletok

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Masakan Betawi ini merupakan minuman khas Betawi. Bir Pletok bukanlah bir biasa. Bir ini memiliki manfaat kesehatan dan tidak akan membuat Anda mabuk karena tidak mengandung alkohol. Di buat dengan bumbu khas Indonesia dengan paduan jahe, daun panda wangi dan serai.Untuk menarik pembeli, bir ini biasanya dicampur dengan tambahan kayu sappan, yang mengubah warna bir menjadi merah saat dimasukkan ke dalam air panas.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Melegenda

13. Kue Talam

Kue talam adalah sejenis jajanan tradisional Betawi yang mudah di temukan di seluruh Indonesia dan di buat dengan bahan baku tepung terigu seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu atau tepung sagu.

14. Kue Pancong

Kue Pancong merupakan jajanan khas Betawi. Umumnya jajanan Betawi ini berbentuk setengah lingkaran dan di buat dari santan, tepung kasar, kelapa dan garam. Kue ini biasanya di santap pada sore hari bersama teh hangat. Kue ini di beri topping serpihan kelapa dan taburan gula.

15. Kembang Goyang

15 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal Kelezatannya!

Kue Goyang Kembang merupakan jajanan tradisional Betawi yang masih di gemari masyarakat. Nama “bunga tiup” berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang, dan proses pembuatannya dengan cara di kocok hingga adonan keluar dari cetakan. Ketan yang kini memiliki banyak varian rasa lainnya.

Baca Juga: 34 Makanan Khas Daerah Terdiri Dari 34 Provinsi 

Ini dia makanan khas Betawi yang paling enak. Jika kamu sedang berlibur atau berkunjung ke Jakarta, kamu pasti harus mencoba makanan khas Betawi yang satu ini, mantap!

Oh iya gengs, Aku mau kasih tahu guys kalau mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan mood dan di kaitkan dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak loh, terutama memori berikut 15 Alat Musik Jawa Barat 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *