Apa Itu Mukbang? Yuk, Cari Tahu Informasi Lengkapnya!

Selain drama Korea yang menjadi tontonan favorit, ternyata budaya Korea perlahan mulai dikenal masyarakat Indonesia termasuk tentang makanan dan istilah-istilah dalam bahasa Korea, seperti mukbang. Apa itu mukbang?

Mungkin banyak orang mengira mukbang artinya makan banyak atau dalam porsi besar. Namun, ternyata mukbang memiliki arti dan pengertian lainnya lho. Jika Anda penasaran, maka langsung cari tahu saja informasi lengkapnya melalui artikel ini!

Apa Itu Mukbang?

Apa yang dimaksud dengan mukbang? Mukbang sebenarnya merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Korea. Mukbang berasal dari kata “Muk-ja” yang artinya makan dan kata “Bang-song” yang artinya siaran.

Ya, mukbang sebenarnya adalah istilah untuk oran-orang yang menyiarkan dirinya melalui internet seperti YouTube ketika sedang makan makanan dalam porsi yang besar atau banyak.

Selain makan makanan dalam porsi jumbo, mukbang juga sering kali dikaitkan dengan seseorang yang makan makanan atau menu ekstrem.

Mukbang apa yang enak? Kebanyakan orang melakukan mukbang dengan makanan-makanan enak dan ekstrem. Contoh makanan dalam mukbang, yaitu:

  • Mie porsi jumbo dengan rasa super pedas.
  • Berbagai makanan cepat saji, seperti chicken nugget, burger, pizza, dan lain sebagainya.
  • Seafood atau masakan laut, seperti udang dan kepiting dengan saus pedas.
  • Bakso jumbo dengan porsi besar.
  • Nasi goreng.
  • Nasi Padang.
  • Telur gulung jumbo.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Mukbang

Tren makan ala Korea yang satu ini dengan mudah langsung menjadi populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak orang yang mulai melakukan mukbang dengan berbagai jenis masakan dalam porsi besar yang terlihat sangat menggiurkan.

Namun, ternyata mukbang memiliki beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui. Apa fakta menarik mukbang? Berikut ini informasinya!

1. Awal Mula Mukbang Menjadi Tren

Mukbang sebenarnya berawa dari kisah sedih. Ya, orang Korea yang makan sendiri dianggap aneh dan menyedihkan. Banyak orang Korea yang tidak suka makan sendiri.

Berkembangnya teknologi internet membuat mereka mulai mencari teman makan secara online. Caranya dengan melakukan mukbang. Ya, melakukan siaran langsung dan berharap ada orang-orang yang menonton mereka sedang makan.

Ternyata banyak orang suka nonton mukbang, sehingga mukbang berkembang pesat menjadi sebuah tren. Setelah menjadi tren, konten mukbang bahkan bisa menghasilkan penghasilan yang tinggi untuk para content creator, seperti Youtuber.

2. Mukbang Memiliki Beberapa Manfaat

Ternyata mukbang memiliki beberapa manfaat positif lho. Apa saja manfaat mukbang? Mukbang bisa mencegah depresi bagi orang yang sedang kesepian. Ya, tentunya dengan menemukan teman makan secara online, mereka tidak akan merasa kesepian ketika makan.

Selain itu, mukbang juga bisa meningkatkan nafsu makan bagi orang yang menontonnya. Tentu saja karena tontonan mukbang biasanya berupa makanan dalam porsi besar yang terlihat lezat dan menarik.

3. Bisa Menimbulkan Bahaya Jika Berlebihan

Apa pun yang dilakukan dengan berlebihan pastinya akan menimbulkan dampak negatif. Ya, mukbang yang dilakukan terlalu sering apalagi menggunakan makanan tidak sehat pasti akan menyebabkan bahaya. Misalnya ancaman penyakit di waktu yang akan datang.

Beberapa macam penyakit bisa diderita orang yang terlalu sering mukbang yaitu obesitas dan masalah pencernaan, seperti iritasi lambung, naiknya gula darah, serta terganggunya metabolisme.

Jadi sekarang Anda sudah tahu apa itu mukbang, bukan? Nah, mukbang memang memiliki beberapa manfaat, tetapi jika dilakukan berlebihan akan menimbulkan bahaya. Jika, Anda tetap ingin melakukannya sebaiknya jangan berlebihan dan tetap utamakan kesehatan tubuh ya!

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.