Cabe Terpedas di Dunia Pedasnya Hingga Puluhan Kali Lebih Pedas Dari Rawit

Anda penyuka makanan pedas? Berani makan cabe terpedas di dunia? Di Indonesia sendiri cabe memiliki banyak varietas, seperti cabe rawit, gendot, domba, hingga andaliman. Meski dicap pedas, ternyata cabe tersebut masih kalah pedas dengan cabai terpedas di dunia.

cabai terperdas

Cabe tersebut bisa mencapai 1.000.000 SHU (Scoville Heat Unit). SHU sendiri merupakan tingkat kepedasan cabe yang menunjukkan jumlah zat penghasil rasa pedas yang terkandung pada sebuah cabe.

Cabe rawit saja hanya memiliki tingkat kepedasan 100.000 hingga 225.000 SHU sudah sangat pedas ya, apalagi yang paling pedas di dunia. Berikut deretan cabe yang terpedas di dunia:

1. Naga Viper

Umumnya cabe ini memiliki penampilan khas dengan warna merah terang dan kulitnya berkerut. Tingkat kepedasan cabe ini mencapai 1.250.000 hingga 1.350.000 SHU. Lebih pedas hingga 12 kali lipat cabe rawit yang dijual di pasar.

Cabe naga viper ini merupakan hasil persilangan dari ghost pepper, naga morich, dan Trinidad scorpion, dimana ketiganya juga merupakan cabe terpedas. Perekayasa pertamanya berasal dari inggris yang Bernama Gerald Fowler.

Tahun 2011 cabe ini pernah masuk Guinness World Records sebagai cabe terpedas di dunia.

2. Trinidad Moruga Scorpion

Seperti Namanya, cabe ini berasal dari Moruga yang berada di Trinidad dan Tobago. Sekilas cabe ini mirip dengan buah stroberi. Namun tahukah Anda jika cabe ini memiliki tingkat kepedasan hingga 2.001.000 SHU atau sekitar 20 kali lipat lebih pedas dengan cabe rawit.

Awalnya ketika dimakan rasanya sedikit manis, namun semakin dikunyah maka rasa pedasnya semakin terasa. Meski sudah beberapa saat memakan cabe ini namun rasanya semakin tak tertahankan.

3. Dragon’s Breath

Cabe yang dari Inggris ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Namun jangan dilihat ukurannya, cabe ini bisa mencapai tingkat kepedasan hingga 2.483.584 SHU lho. Tak hanya membuat mulut terbakar, namun bisa membuat lidah mati rasa sesaat.

Hal ini membuat cabe ini juga biasa digunakan sebagai obat anestesi.

4. 7 Pot Douglah

Cabe ini biasa disebut juga dengan chocolate 7 pot. Hal ini dikarenakan warna kulitnya yang berwarna coklat. Meski bentuknya seperti permen coklat, jangan dikira rasanya manis ya. Tingkat kepedasan cabe ini mencapai 1.853.986 SHU lho.

Cabe ini membutuhkan waktu hingga 90 hari untuk matang sempurna. Cabe yang matang akan menghasilkan minyak capsaicin yang pedasnya hingga 18 kali pedas cabe rawit.

5. Carolina Reaper

Cabe ini merupakan cabe terpedas di dunia ketiga, yakni memiliki tingkat kepedasan 1.600.000 hingga 2.200.000 SHU atau setara 22 kali pedas cabe rawit biasa. Cabe ini pertama kali disilangkan oleh seorang pembudidaya cabe Bernama Ed Currie di Amerika Serikat.

Carolina reaper ini hasil dari penyilangan cabe naga viper dan sweet habanero. Dimana rasa awal cabe ini manis buah dengan sentuhan aroma kayu manis dan coklat. Namun beberapa saat memakannya maka rasa pedas mematikan mulai terasa.

Penutup

Itulah 5 jenis cabe terpedas di dunia, apakah Anda berani mencobanya?. Namun jika Anda tidak kuat akan pedas jangan sekali-kali mencoba memakan cabe ini. Efek pedas ini kadang bisa membahayakan tubuh Anda. Selain itu harga cabai ini cukup mahal.

Maka dari itu lebih berhati-hati ketika memakan makanan pedas, karena bisa membawa Anda ke tingkat pedas dan panas yang menyakitkan. Hal ini bisa mempengaruhi pencernaan Anda bahkan bisa mematikan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.