7 Makanan Khas Surabaya yang Dijamin Bikin Ketagihan

Berbagai makanan khas Surabaya memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan makanan khas daerah lainnya. Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Surabaya dengan rasa manis, gurih, asin, hingga pedas.

kulinar surabaya

Kuliner khas Surabaya bisa dijadikan pilihan santapan lezat saat Anda berkunjung ke kota terbesar kedua di Indonesia ini. Bagi Anda yang penasaran dengan kuliner khas Surabaya yang bisa disantap, jangan lewatkan berbagai rekomendasi berikut ini.

Daftar Rekomendasi 7 Makanan Khas Surabaya

Berikut adalah beberapa makanan asli Surabaya yang pasti bikin Anda ketagihan:

1. Rujak Cingur

Rekomendasi makanan khas dari Surabaya yang pertama harus anda coba adalah rujak cingur. Rujak cingur sudah menjadi menu khas dari Jawa Timur yang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia.

Makanan khas dari Jawa Timur ini terdiri dari potongan hidung sapi dan cingur yang telah melalui proses perebusan lama. Melalui rebusan lama tersebut akan menghasilkan rujak cingur yang empuk dan kenyal serta disajikan dengan campuran bumbu kacang, sayur, irisan lontong.

2. Rawon Setan

Rawon setan merupakan rekomendasi makanan khas dari Surabaya yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Hanya ada pada malam hari saja yang membuat makanan ini disebut dengan rawon setan.

Berlokasi di tengah kota sehingga membuat kedai rawon setan ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang datang. Selain itu kuliner khas Surabaya ini disajikan dengan daging rawon yang lembut dan besar serta rasa kuah yang menggugah selera.

3. Pecel Semanggi Suroboyo

Makanan khas Surabaya pecel semanggi merupakan kukusan semanggi yang dihidangkan bersama daun pepaya, tauge serta disiram dengan kuah kacang. Bagi Anda yang belum tahu apa itu semanggi, maka semanggi adalah sejenis tanaman paku yang dapat dimakan.

Jika Anda berlibur ke kota Surabaya, Anda dapat mampir sebentar di sekitar kawasan Masjid Al Akbar serta area Taman Bungkul untuk mencicipi kuliner khas Surabaya pecel semanggi ini.

4. Sate Klopo

Sate klopo menjadi salah satu menu khas dari Jawa Timur yang terletak di Jalan Walikota Mustajab. Kedai sate klopo mudah untuk ditemui karena terletak di sepanjang jalan yang dulunya bernama Ondomohen.

Terbuat dari daging yang dilumuri dengan parutan kelapa dan bumbu khas sebelum dibakar, membuat sajian satu klopo menjadi gurih dan empuk. Menikmati sate klopo sangatlah mudah, di Surabaya sudah terdapat banyak kedai yang secara khusus menyajikan menu ini.

5. Tahu Tek

Tahu tek merupakan kuliner khas Surabaya yang dijual dengan gerobak dorong pada zaman dahulu. Namun karena kuliner ini sudah populer di telinga masyarakat, maka sekarang penjualanya beralih di sebuah kedai makan tahu tek.

Diberi nama tahu tek karena berasal dari bunyi “tek” ketika penjual memasak dan memotong tahu. Makanan khas Surabaya ini disajikan dengan irisan kentang, lontong, telur goreng dan tahu goreng serta disiram dengan bumbu kacang.

6. Sego Sambel

Sego sambel menjadi salah satu dari kuliner malam khas Surabaya yang wajib Anda coba. Jika Anda pecinta kuliner pedas, maka sego sambel menjadi rekomendasi makanan khas dari Surabaya yang dapat Anda cicipi. Terdiri dari nasi hangat dengan lauk ikan pari yang dilumuri sambal, akan membuat Anda kenyang lebih lama saat berlibur di kota Pahlawan ini.

7. Lontong Kupang

Lontong kupang merupakan kuliner khas Surabaya yang terdiri dari kupang, sejenis kerang kecil yang direbus dengan siraman kuah kaldu gurih, sambal dan perasan jeruk nipis.

Meskipun kota Surabaya tidak memiliki banyak destinasi wisata alam seperti kota lainnya, namun memiliki berbagai macam makanan khas Surabaya yang sudah populer di berbagai wilayah Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.